The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC), sebuah lembaga riset berbasis Islam di Aman, Yordania kembali menempatkan cendekiawan Muslim Indonesia, Dr Haidar Bagir, dalam kategori “500 Muslim paling berpengaruh di dunia” dalam kategori “Philanthropy, Charity and Development”.

Dengan adanya penghargaan ini, berarti sudah 11 kali, dari 2009-2020, RISSC menempatkan pendiri Gerakan Islam Cinta ini sebagai tokoh Muslim paling berpengaruh dunia.

Haidar Bagir terpilih karena dianggap banyak berkontribusi dalam bidang pendidikan dan filantropis. Selain mendirikan kelompok Mizan, Haidar Bagir juga kerap membawakan diskusi seputar Islam di berbagai tempat dan menerbitkan buku-buku Islam bertema sufisme. Dia juga mengurus Yayasan Pendidikan Lazuardi, Yayasan Sosial Amal Khoir Yasmin dan Yayasan Rumah Yatim Mizan.

Selain itu Haidar Bagir juga berperan aktif menyebarkan Islam yang penuh cinta bersama anak-anak muda seperti mendirikan Gerakan Islam Cinta dan membuat Pesantren Tasawuf Virtual Nur al-Wala.

Kiprah yang membawanya bertengger di deretan 500 Muslim paling berpengaruh versi RISSC mengundang perhatian para netizen. Beberapa netizen mengucapkan selamat, ada juga yang merasa terinspirasi.

Kelompok Mizan dalam akun Twitternya, @mizandotcom, Sabtu (5/10), memberikan ucapan selamat kepada Haidar Bagir atas terpilihnya sebagai tokoh berpengaruh di dunia.

Dengan ciri khas kerendahatiannya, Haidar Bagir me-Retweet, “Meski saya selalu bingung, kenapa kok terus-menerus masuk daftar ini, saya cuma minta didoakan agar sesedikit apapun saya benar-benar bisa memberi pengaruh baik bagi lingkungan yang di dalamnya saya berada. Wa JazaakumulLaah khayr…”

Intelektual Nahdlatul Ulama, Ulil Abshar Abdalla memberi komentar, “Selamat, Mas Haidar. Ini pengakuan atas kiprah njenengan dalam menyebarkan Islam yang penuh rahmat dan cinta. Sekali lagi: Selamat.”

Akun Twitter ignatiusayadi (@ignatiusayadi1), membalas cuitan Ulil Abshar mengatakan, “Selamat dan sukses untuk Pak Haidar. Saya senang membaca buku-bukunya.”

Akun Twitter Qona’ah (@Ah25Qona), semoga daftarnya masuk juga ke daftar Ahli Jannah, Aamiin. Barokallah.”

Akun Twitter Hasto Suprayogo (HastoSuprayogo) menulis, “Karena karya dan dedikasi selalu mendapatkan apresiasi bahkan jika pelakunya tak meniatkan untuk dipublikasi. Salut selalu.”

“Selamat Bapak, semoga sehat selalu dan terus menginspirasi,” tulis Asaydar (@Asaydar1).

Sementara itu ada juga komentar candaan yang dicuitkan Nadirsyah Hosen. Guru besar di Monash Law School sekaligus Rais Syuriah PCI Nahdlatul Ulama Australia-New Zealand itu menulis, “Dahsyat memang. Saya beruntung pernah ditraktir Mas Haidar di restoran anaknya hehehhe. Saya gak kapok ditraktir, Mas. Suwer deehh.”

Selain ucapan selamat, para netizen juga banyak mencuitkan ucapan doa untuk kesehatan dan keberkahan perjuangan yang dilakukan Haidar Bagir.

Sumber: https://islamindonesia.id/berita/haidar-bagir-masuk-500-muslim-paling-berpengaruh-untuk-ke-11-kalinya-netizen-ucapkan-selamat.htm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *